Cyronium Digital Asset untuk Scaleup UMKM



Tentang Cyronium

Enam tahun lalu, sekelompok anak muda Yogyakarta, memulai sebuah eksperimen. “Seberapa cepat sebuah bisnis di Indonesia bisa tumbuh dari nol, sampai keluar dari zona UMKM (di atas 400 juta rupiah sebulan) tanpa bank dan tanpa funding?”
Cerita project scale up Cyronium dimulai dari impian dan eksperimen sekelompok pemuda ini.

Mobirise

Apabila saat ini bisnis berada di skala 40 juta rupiah per-bulan, maka perbandingan grafis nya, menuju ke 400 juta per bulan adalah seperti gambar di atas.
Saat mengumumkan eksperimen ini 6 tahun lalu, banyak sekali keraguan yang muncul. Hampir semua orang meragukan. Bahkan menertawakan.
Melawan semua keraguan, tim ini ternyata berhasil melakukan project scale up mereka yang pertama. Walaupun, waktu yang dibutuhkan cukup lama. Dalam eksperimen pertama tersebut, mereka berhasil memulai bisnis dari nol sampai skala pabrik (keluar dari zona UMKM dalam waktu satu setengah tahun.
Pada project scale up kedua, mereka berhasil melakukan nya dalam waktu lebih cepat, yaitu enam bulan.
Project scale up ketiga, butuh waktu tiga bulan untuk keluar dari zona UMKM. Project keempat, berhasil dilakukan dalam 1 bulan.
Rekor terakhir, 6 orang dari tim ini berhasil melakukan scale up keluar dari zona UMKM dalam waktu 1 minggu.
Hal ini terus berlanjut, hingga puluhan bisnis berhasil di-scale up, tidak hanya sampai level keluar zona umkm, tetapi terus membesar hingga sebagian menjadi pemain terbesar nasional di industrinya masing-masing.
Cerita eksperimen tersebut, menjadi pelajaran untuk membawa formula scale up yang sudah dirumuskan selama bertahun-tahun, untuk membantu lebih banyak UKM Indonesia.
“Data BPS 2017,
ada 59,69 juta UMKM di Indonesia.
Sayangnya 99% usaha di Indonesia
Hanya stagnan di level UMKM,
bertahun-tahun gagal naik kelas.”
Padahal. UMKM berkontribusi 62,57 % pendapatan nasional dan memberikan kontribusi kesempatan kerja 97 persen dari total kesempatan kerja di Indonesia. (Kementerian Koperasi - 2017).
Berbagai program yang dijalankan oleh swasta maupun pemerintah saat ini sudah berhasil membawa banyak perubahan pada iklim bisnis di Indonesia. Kita sama-sama bisa merasakan atmosfer bisnis yang jauh lebih hidup dibanding lima atau sepuluh tahun lalu.
Cyronium Scale Up Project, ingin membantu berkontribusi untuk menjadikan pemberdayaan UKM sesuatu yang lebih impactful. Dengan keterlibatan yang jauh lebih dalam.
Selama ini hal paling umum yang dilakukan untuk membantu UKM adalah dengan memberikan dana. Padahal, Uang bukan single factor yang dibutuhkan untuk scale up. Catatan panjang data bisnis telah membuktikan dengan sangat jelas tentang hal ini. Scale up membutuhkan langkah-langkah dan urutan proses yang tepat, dan bukan sekedar menggelontorkan dana.
Hal lain yang sangat umum dilakukan, dalam rangka pemberdayaan UKM adalah Pelatihan. seminar dan penyuluhan. Dan kita sama-sama tahu, hal ini mudah dilakukan, bisa menjangkau audiens yang besar, namun impact nya sangat kecil. Bahkan sering kali, terkesan ceremonial.
Apalagi apabila pelatihan ini diberikan oleh pihak yang tidak secara langsung terjun dalam menjalankan bisnis, dan terlebih menjalankan bisnis dari nol dalam skala kecil seperti yang dialami para pelaku UKM.
Terkadang, pelatihan dilakukan oleh praktisi yang berpengalaman dan terbukti, namun durasinya terlalu singkat. Padahal, yang dibutuhkan untuk scale up bukan sekedar pengetahuan kognitif saja, tetapi pelaksanaan dari pengetahuan tersebut ke dalam proses bisnis di dunia nyata.
Cyronium Scale Up Project adalah sebuah inisiatif untuk melibatkan talenta-talenta terbaik Indonesia, untuk hands on dan turun langsung membantu UMKM. Bukan dengan seminar dan acara seremonial yang superfisial, tetapi masuk untuk membawa result. Hasil yang permanen dan bisa berkembang terus untuk jangka waktu yang lama.
Tim dibalik Cyronium merupakan praktisi dan pelaku nyata, yang telah membantu puluhan UKM dan digital SME untuk keluar dari Zona UMKM, tanpa funding dari foreign investment.
Cyronium adalah inisiatif untuk menjadikan proses tersebut lebih scalable. Artinya, bisa diimplementasikan menjangkau lebih banyak UKM untuk dibantu scale up.
Cyronium project, membantu para UKM untuk scale up, melalui dua hal. Yaitu pendanaan dan turun langsung (hands on).
Ini adalah project yang dibuat melalui diskusi panjang dan berbagai masukan dari pelaku bisnis UKM, investor individual kelas menengah, professional di dunia teknologi, dan seluruh pihak yang memiliki cita-cita yang sama.. Selama 6 tahun terakhir.
Sebuah solusi dengan teknologi dan business know how yang terbukti, berkelas dunia, yang di-develop 100% oleh anak bangsa.
Cyronium terus berkolaborasi, Cyronium menerima banyak bantuan, dari pihak-pihak yang peduli dan telah melihat perkembangan scale up UKM yang terjadi..
Semoga dengan kolaborasi aktif dari seluruh tim Scale Up Cyronium, dukungan masukan dari seluruh investor, juga dari pihak-pihak yang punya cita-cita sama dengan kami proses ini bisa berjalan dengan lancar, dan apabila ada kekurangan bisa terus kita perbaiki bersama-sama.