Kepemimpinan Eksekutif yang Efektif

Kepemimpinan Eksekutif yang Efektif

Nilai kepemimpinan eksekutif telah sulit untuk diukur. Namun, studi terbaru meneliti efektivitas pembinaan menunjukkan bahwa kepemimpinan dapat menjadi faktor utama dalam keberhasilan pada suatu organisasi dan bahwa bimbingan satu persatu dan akuntabilitas yang diberikan oleh pelatih secara substansial dapat meningkatkan efektivitas. 
Ada beberapa studi yang meneliti hasil pembinaan eksekutif, pembinaan eksekutif yang telah dilakukan secara konsisten menunjukkan hasil yang dramatis. Sebagian besar studi menunjukkan hasil laba atas investasi lebih dari 500 persen! Bahkan beberapa studi memperoleh angka yang lebih tinggi dari itu.
Terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? 
Hasil ini terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. 
Kita terbiasa mendengar tentang terobosan ilmiah terbaru, hanya untuk menemukan bahwa studi tersebut cacat atau bahwa beberapa peneliti lainnya memperoleh hasil yang bertentangan. Ini semua sangat membingungkan, sehingga setelah beberapa saat, kita berhenti mendengarkan.
Bagaimana mungkin ROI menjadi yang baik? Kami sangat senang jika penawaran saham menghasilkan return 20% pada akhir tahun. (Sekarang kita mungkin berterima kasih jika kita bisa setidaknya impas.) Sebuah pengembalian 500% tampaknya mustahil. Dan kita asumsikan bahwa penelitian nantinya akan menawarkan perbaikan yang diperlukan untuk angka-angka ini. 
Hasil statistik sering menjadi lebih sederhana karena semakin banyak sampel yang dikumpulkan. Istilah teknis adalah “regresi untuk mean,” yang menggambarkan kecenderungan hasil untuk menjadi “rata-rata” sebagai jumlah sampel yang meningkat. Ada beberapa studi yang semua menunjuk ke arah yang sama, namun pembinaan masih profesi baru yang hanya terdapat sedikit penelitian tentangnya.
Beberapa penelitian mendapatkan hasil yang dramatis dalam satu area, tetapi efek tersebut telah diantisipasi oleh faktor-faktor lain yang mungkin terkena dampak negatif. Organisasi adalah sistem, dan perubahan di satu daerah mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan di tempat lain.
Tentu saja, layanan pembinaan merupakan investasi yang relatif kecil untuk seorang eksekutif. 
Terlalu Penting untuk terjawab! 
Studi tentang pembinaan menunjukkan hal tentang kepemimpinan. Pelatih yang bekerja secara efektif untuk meningkatkan kepemimpinan organisasi dengan mendengarkan, memberi nasihat dan membuat eksekutif untuk bertanggung jawab. ROI bukan tentang pelatih, itu menunjukkan bahwa kepemimpinan yang baik membuat dampak positif pada bottom line.
Banyak organisasi yang telah berinvestasi pada sumber daya kepemimpinan yang mereka miliki. Individu dipromosikan melalui perusahaan karena mereka memiliki kinerja yang sangat baik dalam keterampilan teknis profesi mereka. Itu tidak membuat mereka menjadi pemimpin yang baik. Di perusahaan lain, para eksekutif diambil dari orang-orang dengan ketajaman bisnis atau pelatihan keuangan yang solid, tetapi tanpa banyak latar belakang yang mempersiapkan mereka untuk berurusan dengan “masalah ” organisasi.
Seminar dan pelatihan yang bermanfaat dan juga menunjukkan (lebih sederhana) laba atas investasi untuk pelatihan kepemimpinan. Hal terbaik dari seminar ini yaitu pelatihan yang berfokus pada keterampilan yang diperlukan untuk memimpin orang-orang, tidak hanya untuk mengelola peristiwa atau mengendalikan persediaan. 
Tapi pelatihan kepemimpinan yang paling efektif terjadi dalam hubungan satu-satu yang menjadi ciri khas pembinaan eksekutif. Hal ini bahwa semua pengetahuan dan keterampilan yang seorang eksekutif bawa dapat diterapkan pada kehidupan nyata, situasi sehari-hari yang perusahaan hadapi, teori menjadi kenyataan, kebiasaan baik terbentuk, “potensi kepemimpinan” menjadi kepemimpinan.
Diharapkan bahwa ROI untuk pembinaan eksekutif dapat menjadi lebih sederhana karena berarti bahwa eksekutif memimpin dengan lebih efektif. Tapi itu tidak akan pernah menjadi opsional dalam sebuah organisasi yang percaya bahwa para pemimpin itu penting. 
ROI untuk pembinaan eksekutif tidak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan namun, itu terlalu penting untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *