8 Kebiasaan Menyenangkan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pembisnis yang Baik

8 Kebiasaan Menyenangkan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pembisnis yang Baik

Menjadi pendengar yang baik

Kontak mata adalah bahasa tubuh terpenting dan pertama yang harus anda perhatikan saat mendengarkan lawan bicara. Ketika anda sedang berbicara dengan orang lain, jika ia tidak melihat pada anda, bisa dipastikan orang tersebut tidak sedang mendengarkan anda.
Image Credit
Lakukan kontak mata secara langsung, itulah cara dasar agar orang mengetahui bahwa Anda sedang mendengarkan. Berapa banyak kontan mata yang dibutuhkan ketika mendengarkan orang lain? Jawabannya adalah semakin banyak kontak mata, semakin besar keterlibatan anda dalam pembicaraan. Dengan begitu, anda sudah memberikan kesan bahwa anda mendengarkan mereka dengan sepenuh hati.
Baiklah, mari kita lakukan percobaan untuk membuktikan bahwa kontak mata dari pendengar sangat penting bagi orang yang sedang berbicara:
Ketika ada orang yang sedang berbicara dengan anda, perlahan alihkan tatapan mata anda dari mereka kepada hal lain yang lebih menarik perhatian anda seperti komputer atau handphone. Dapat dipastikan, seiring dengan beralihnya tatapan anda dari mereka, mereka juga akan menghentikan pembicaraannya. Hilangnya kontak mata adalah sinyal hilangnya perhatian.
Ternyata, kontak mata yang intens saja tidak cukup untuk membuat anda menjadi pendengar yang baik. Kontak mata yang baik membutuhkan keterampilan tambahan. Hal ini ditujukan untuk mengurangi perasaan terintimidasi yang disebabkan konak mata yang terlalu intens.
Caranya adalah dengan menggeser tatapan. Menggeser tatapan adalah menggeser pandangan anda kepada orang yang sedang berbicara dari satu mata ke mata yang lain.
Mengapa hal ini perlu dilakukan? Pertama adalah untuk menjadi penyeimbang kontak mata yang intens, kedua adalah karena tatapan yang kosong akan terkesan seperti tidak sungguh-sungguh atau berpura-pura mendengarkan.
Dalam berbicara hindari kurangnya aktivitas mata. Oleh karena itu, Jika anda ingin orang lain melihat bahwa anda sedang mendengarkan, mata anda harus bergerak.
Menjadi pribadi yang murah senyum

Senyum memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupanmu. Senyum dapat  meemperbaiki hubungan seseorang,  baik dengan orang  lain,  maupun dengan Tuhannya. Orang yang  tersenyum ketika berbicara atau berhubungan dengan orang lain, secara otomatis menandakan bahwa hubungannya dengan  lawan bicaranya  terjalin dengan baik.  Senyum dapat  memperluas pergaulan. Di pandang dari  segi  hubungan sosial, orang yang senantiasa tersenyum dalam berbicara ataupun berhubungan dengan orang  lain,  berarti ia mempunyai  kepribadian yang menarik dan menyenangkan bagi orang lain. Senyum dapat  meredam kemarahan. Senyuman seseorang dapat meluluhkan emosi  orang yang sedang marah. Bila ada yang marah mendatangi  kita, hadapilah dengan senyuman yang  tulus,  karena senyum semacam ini  bakal  mampu meredam emosi  orang yang marah.
Menjadi lawan bicara yang menyenangkan

Memang, menjadi lawan atau teman bicara bukan sekedar bisa berbicara dan mendengarkan lawan bicara saja. Jika anda salah menanggapi, bisa jadi lawan bicara anda bukannya suka tapi malah sebal. Apalagi jika tanggapan anda terkesan sok tahu dan menggurui. Begitu juga jika anda cuma mendengarkan dan mengangguk-angguk tanpa sepatah katapun. Sikap seperti ini mengesankan anda sama sekali bukanlah teman bicara yang mengasyikkan.
Kenali gaya lawan bicara

Mana mungkin anda bisa menjadi teman bicara yang menyenangkan bila anda tidak mengenal siapa yang anda ajak bicara? Seandainya belum mengenal, tentu tidak ada salahnya bila anda minta kenalan lebih dulu. 
Ingat, jangan sampai melupakan nama teman bicara anda. Sebab, dengan disebut namanya, seseorang akan merasa lebih dihargai. Sebaliknya, jika anda lupa namanya, ia merasa bahwa anda tidak antusias dengannya. Dia pun akan menganggap anda tidak menghargainya.
Beri kesempatan lawan bicara
Selama ini banyak yang tanpa sadar mendominasi pembicaraan hingga melupakan keberadaan lawan bicara. Hingga anda terkesan memonopoli pembicaraan. Akibatnya, teman bicara cuma dijadikan sebagai pendengar pasif. Kecenderungan ini bisa terjadi bila terlalu banyak yang hendak anda ungkapkan. Akibatnya, arah pembicaraan pun jadi tak jelas. Maka, beri jeda sejenak setiap kali anda bicara, lalu berikan kesempatan lawan bicara untuk menanggapi. Interaksi semacam ini akan membuat lawan bicara merasa nyaman dan dihargai.
Sesuaikan diri dengan lawan bicara
Dalam hidup ini, tentu anda telah berbicara dengan banyak orang dari berbagai latar belakang budaya, usia, tingkat ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Konsekuensinya, tiap pembicaraan memiliki ciri dan kepekaan tersendiri. Tentu saja anda harus bisa membedakan saat berbicara dengan bos atau dengan office boy. Perhatikan pilihan kata yang mungkin tidak dimengerti lawan bicara. Jangan menggunakan istilah teknis atau yang terlalu ilmiah jika anda berbicara dengan mereka yang memang tidak memahami ‘bahasa susah’. Ingat, semakin banyak kata-kata anda yang tidak dimengerti, lawan bicara semakin tidak nyaman bicara dengan anda.
Menjadi pribadi yang bersyukur

Hargailah setiap nikmat yang kamu dapatkan. Dimulai dari hal kecil, seperti setelah kita bangun tidur, seringkali kita lupa akan nikmat yang kita dapatkan dari tidur yang telah memulihkan stamina kita, dari hembusan napas yang masih bisa kita hirup ketika kita terbangun. Saat kita makan, hargailah makananmu, bersyukurlah karna kita masih bisa makan dengan mudah. Hargailah pekerjaanmu. Walaupun mungkin gaji kamu kecil untuk saat ini, tetapi syukurilah bahwa setidaknya kamu mempunyai pekerjaan, dan dengan selalu bersyukur kamu jadi lebih mencintai pekerjaanmu dan akhirnya kamu menjadi karyawan terpilih dan jabatanmu naik gajipun menjadi bertambah besar.
Tetapi, bagaimana jika kita sulit menerapkan contoh-contoh di atas pada diri kita? Untuk itu, langsung saja kita kepada poin terakhir. Ingatlah selalu bahwa masih banyak yang lebih susah daripada kita
Ketika kamu mengeluh akan makananmu, ingatlah bahwa orang lain justru masih ada yang mencari makanan dari tong sampah. Ketika kamu mengeluh gaji yang kamu anggap kecil, ingatlah orang lain justru mendambakan pekerjaanmu, dan masih banyak pengangguran yang berusaha keras mencari pekerjaan tanpa selalu mengeluh.
Ketika kamu kesal kepada orang tuamu karena tidak memenuhi keinginanmu sehingga kamupun marah, ingatlah yang lain justru tidak mampu bersekolah karena orang tuanya tidak mampu. Penting bagi kamu untuk selalu di ingat bahwa orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya, dan ketika kita remaja orang tua selalu memberikan apa yang kita inginkan dengat raut muka yang berseri tanpa rasa kesal.
Ketika kamu mengeluh karena istri tidak pandai memasak, ingatlah bahwa masih banyak orang yang kesulitan untuk mempunyai istri.
Ketika kamu mengeluh karena tidurmu tidak nyenyak, ingatlah bahwa diluar sana banyak orang yang sulit untuk mencari tempat tidur dan kedinginan.
Ketika kamu mengeluh karena harta dan kekayaanmu tidak sebanyak orang lain, ingatlah masih banyak orang yang tidak mampu tetapi mereka tidak mengeluh dan tetap mencintai keluargannya. Dan ingatlah selalu kita semua sama, ketika meningal kelak tidak akan membawa perbedaan (harta, kekayaan dan jabatan).
Percaya diri

Langkah pertama adalah anda harus menerima kekurangan. Bahwa setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing dan juga memiliki kelebihan masing-masing. Bukan hanya anda yang memiliki kekurangan, tetapi orang lainpun sama, termasuk orang yang anda kagumi, orang yang begitu hebat prestasinya. 
Orang yang percaya diri juga sama, dia punya kekurangan. Lalu kenapa anda tidak percaya diri seperti mereka? Sama-sama memiliki kekurangan. Bedanya adalah cara menyikapi kekurangan tersebut. 
Jadi, bagaimana cara agar percaya diri meskipun anda merasa banyak kekurangan adalah yakinlah, bahwa kekurangan anda tidak akan menghalangi keberhasilan anda. Yakinlah bahwa mereka yang sukses dan percaya diri juga punya kekurangan seperti anda. 
Bagaimana cara menyikapi kekurangan diri agar kita bisa percaya diri? Banyak orang yang berusaha untuk menutupi kekurangannya. Ini bisa dilakukan, untuk kekurangan tertentu yang berpengaruh langsung terhadap kepercayaan diri. Dan, kekurangan ini memang bisa diperbaiki. Seringkali, kita sebenarnya tidak perlu repot untuk memperbaiki kekurangan atau kelemahan kita, kita bisa fokus pada kelebihan kita dan menjadi juara pada kelebihan kita. Memang tidak semua kelemahan atau kekurangan bisa kita abaikan. Ada yang perlu kita perbaiki. Kita perlu bijak, memilih mana kekurangan atau kelemahan yang harus kita perbaiki dan mana yang tidak. Maksud yang ingin saya sampaikan adalah jangan sampai kita terus menerus menghabiskan waktu untuk memperbaiki semua kelemahan kita, sementara banyak hal yang harus kita lakukan malah kita abaikan.
Setia pada janji

Dalam kaidah konsekuen, janji adalah suatu bentuk hukum karma dari ucapan yang dimiliki oleh seseorang kepada orang lain yang dianggap pantas menerima janji. Sehingga janji itu adalah suatu cara dimana orang dapat terfokus kepada suatu kegiatan atau benda yang akan diberikan kepada orang lain, namun tidak memikirkan bagaimana mereka melakukannya dengan benar. Hal inilah yang menjadi bagian terpenting dari janji, tindakan merupakan salah satu pelepas dari janji yang dimiliki terhadap semua hal yang telah direncanakan. Bahkan, janji akan memberikan kebaikan dan kesenangan secara tidak langsung bila orang melaksanakannya dengan sepenuh hati. Dalam hal ini kegiatan apapun yang dilakukan manusia didunia ini tidak akan lepas dari janji yang telah dibuat sejak mereka lahir. Hutang nyawa terhadap orang tuanya yang telah membesarkannya adalah janji yang mungkin hanya bisa dibayar dengan pengorbanan anak kepada orang tuannya. Hal inilah yang menjadi ciri khas dari janji sejak mereka lahir. Jika anda kesulitan untuk mengingat janji apa yang pernah anda buat, maka setelah anda merasa memiliki janji atau hutang kepada orang lain, maka segeralah untuk membuat daftar janji. Hal ini adalah cara yang tepat untuk menjadikan anda tetap rutin mengingat. Buatlah tulisan yang berisikan janji anda atau hutang-hutang anda kepada seseorang.
Menjadi pribadi yang jujur

Kejujuran adalah modal yang paling utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.  Tidak hanya orang-orang baik saja yang menyukai orang-orang jujur, orang-orang jahat pun juga menyukai orang-orang jujur dan membenci orang-orang yang tidak jujur yang tidak bisa dipercaya. Orang baik dan penjahat sama-sama suka kepada orang-orang baik. Dari kenyataan itulah kita bisa percaya bahwa jujur adalah salah satu sifat yang sangat disukai oleh banyak orang. Jika kita sudah terbiasa berbohong, maka kita harus menghentikan kebohongan demi kebohongan yang terucap dari lidah kita. Upayakan sekuat tenaga dan sekuat jiwa untuk tidak mengatakan hal-hal bohong lagi mulai saat ini. Apabila secara tidak sengaja kita mengeluarkan suatu kebohongan, maka segera ralat ucapan kita kepada orang itu secara baik-baik tanpa harus menyinggung perasaan orang tersebut. Lebih baik kita diam atau mengatakan bahwa hal itu adalah rahasia daripada kita berbohong. Atau kita bisa sambil bercanda mengucapkan “Ada Deh, Mau Tau Aja!” kepada orang yang menanyakan sesuatu hal yang tidak ingin kita jawab.
Image Credit
Positif tanpa syarat

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ada banyak kejadian yang bisa kita alami. Ada peristiwa di mana kita dibuat bahagia, bersedih, tertawa, hingga menangis. Semua kejadian yang kita alami memang takkan pernah bisa kita elakkan, karena kita hanya pelaku dan Sang Pencipta lah yang mengatur segalanya. Untuk itu, bukanlah masalah yang perlu kita hindari, namun bagaimana kita bisa mengatur pola pikir kita dalam menghadapi masalah tersebut. Lingkungan dan semua pengalaman dalam hidup adalah hasil dari pemikiran dan kebiasaan dominan. Pikiran dapat memberitahu kita tentang sesuatu (masalah) yang perlu perhatian. Jadi, pikiran menyebabkan menemukan apa yang perlu dilakukan, entah itu dengan cara berpikir secara positif atau negatif untuk mengurusnya. Banyak orang gagal untuk melihat kejadian buruk sebagai pengalaman belajar dan selalu merasa menjadi korban kekejaman dunia, akhirnya menyalahkan orang lain atas apa yang mereka alami. Masukkan selalu hawa positif di dalam diri Gunakan Hukum Attraction Activity dalam menanggapi masalah yang menimpa kita.Orang yang berpikir negatif senantiasa berusaha untuk menghindari masalah. 
Padahal, masalah yang tidak terselesaikan lama-lama akan semakin menumpuk dan semakin memburuk. Yang pada akhirnya akan membuat kita terjerembab dalam masalah sendiri. Namun dengan berpikir positif, maka kita akan lebih pro-aktif dalam bertindak dan mengatasi semua masalah yang ada. Aktif melakukan kegiatan yang positif. Lingkungan dapat mempengaruhi cara kita dalam berpikir, cepat atau lambat lingkungan dapat berperan untuk membentuk pola pikir kita. 
Karena itu cerdiklah memilih lingkungan dalam melakukan segala aktivitas. Begitupun untuk sebuah hobi, misalnya bagi yang suka menonton film. Usahakan tidak terlalu sering menonton film yang bertema kesedihan, karena disadari atau tidak bahwa apa yang kita tonton kadang bisa menjadi sebuah inspirasi. Koleksilah bacaan penyemangat atau kalimat motivasi yang bisa kita baca sewaktu-waktu, agar di saat merasa down bisa dibaca kembali sehinga kita kembali optimis. 
Fokuskan imajinasi dan berupaya untuk menjadi orang positif baru. Kita tidak bisa selalu mengendalikan hal-hal yang terjadi dalam hidup kita, tetapi kita bisa berusaha mengendalikan apa yang kita pikirkan dalam pikiran kita dalam merespon apapun yang kita alami. Orang yang selalu berpikir positif akan terlihat lebih tenang dalam menghadapi permasalahan. Bayangkan bahwa kita sudah menjadi orang yang positif dan sangat mencintai hidup. Kebahagiaan itu terletak pada pikiran yang kemudian bisa kita rasakan. Jika kita berpikir hidup yang kita lalui ini menyenangkan, maka kebanyakan waktu yang kita lalui pun akan terasa menyenangkan. Namun sebaliknya, jika kita berpikir “Hidupku menyebalkan!”, maka kebanyakan waktu yang kita lalui juga terasa buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *